- See more at: http://www.exeideas.com/2012/02/all-in-one-seo-pack-plugin-for-blogger.html#sthash.zomQZy6X.dpuf
Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 03 Mei 2013

KEWIRAUSAHAAN


Series Kewirausahaan
Tips Wirausaha Online, menurut FIKA PRATIWI (www.zalora.co.id)

1.      Kenali baik-baik produk dan target pasar anda. Ini yang paling mendasar karena dari sini          anda bisa  menentukan dan mengembangkan produk, sekaligus menjual produk tersebut ke pasar yang tepat.  Disinilah tim buying/pembelian kemudian berperan penting dalam bisnis online. Tim inilah yang menentukan    produk apa saja yang akan di listing. Selain mengacu pada tren dari penyedia produk offline, perhatikan juga tren yang sedang marak d dunia online seperti facebook, BBM, forum, dan lain-lain. 

      Sistem logistik juga penting karena disinilah seluruh stok barang ditempatkan. Semua produk sangat berharga, maka anda harus tahu benar siapa saja yang bertanggung jawab dalam sistem ini agar anda tidak merugi. Delivery atau proses pengantaran merupakan kunci kepuasan pelanggan, jangan sampai ada yang salah kirim. Maka pilihlah partner logistik yang benar agar terhindar dari kerugian. 
    
     Sistem information technology (IT) adalah ujung tomba dari bisnis online. Karena toko anda berbentuk virtual, maka seluruh customer experience terjadi secara online. Support IT yang bagus sangat menentukan kemulusan proses penjualan. Sebagai pengusaha online, anda harus selalu update dengan teknologi terbaru demi pnegembangan bisnis. 
     
     Lini customer service (CS) juga tak kalah penting. Pelanggan harus merasa aman setelah membeli produk anda. Jika ada sesuatu yang ingin mereka tanyakan, pelanggan harus merasa bebas bertanya kepada CS. Tim CS juga harus diberi pelatihan sedemikian rupa agar dapat terus melayani kebutuhan pelanggan. Karena bisnis ini berbentuk online, CS menjadi perantara bagi pelanggan untuk berkomunikasi dengan anda. 
     
      Salah satu keuntungan berbisnis online adalah banyaknya variasi alat pemasaran dan promosi bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda. Servis dari facebook dan Google Ad, misalnya membuat targeting sangat mudah. Anda bisa memasang iklan atau banner yang spesifik untuk calon pembeli sesuai umur, lokasi, jenis kelamin, pendapatan, hobi, dan lain-lain. maksimalkan jejaring sosial sebagai alat pemasaran gratis dan efektif. Facebook dan Twitter selain bisa dipakai untuk promosi, juga bisa dimanfaatkan untuk membangun komunikasi dan customer service. (sumber tabloid Nova, 8-14 April 2013)

0 komentar:

Poskan Komentar